Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenalan Lebih Jauh Dengan Kepribadian Melankolis

 

Kenalan Lebih Jauh Dengan Kepribadian Melankolis

Kenalan Lebih Jauh Dengan Kepribadian Melankolis

Setiap manusia dilahirkan dengan karakter yang berbeda-beda dan unik. Nah, tahukah kalian jika karakter manusia ini bisa dipelajari? Ya, karakter kepribadian manusia bisa diketahui melalui teori proto-psikologis.

Menurut, buku berjudul Man on the Threshold dijelaskan bahwa karakter kepribadian manusia terdiri dari empat jenis yakni sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis.

Apa Itu Melankolis?

Melankolis merupakan salah satu dari empat tipe kepribadian bersama dengan koleris, sanguinis, dan plegmatis.

Kamu mungkin mengira bahwa orang yang memiliki kepribadian melankolis adalah orang yang gemar menangis dan mudah tersentuh perasaannya. Namun, ternyata penjelasan mengenai tipe kepribadian ini tidak sesederhana itu.

Melankolis justru diketahui sebagai kepribadian yang berorientasi pada detail dan sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan. 

Kepribadian melankolis sendiri cenderung perfeksionis. Mereka tergolong individu yang sensitif, lebih sering diam, dan memiliki empati yang tinggi. Orang dengan kepribadian ini lebih sering mengingat, merasakan, dan mengeksplorasi untuk memahami sebuah kondisi.

Selain itu, melankolis juga didefinisikan sebagai suasana hati, mulai dari putus asa hingga depresi. Semua manusia di dunia mungkin pernah merasakan kepribadian ini setidaknya sekali seumur hidup. Namun, tak selamanya kepribadian melankolis itu buruk.

Ciri-ciri Kepribadian Melankolis

1. Loyal

Karakter ini cenderung mengarah pada kesetiaan yang kuat kepada teman, anggota keluarga, rekan kerja, dan atasan. Meski begitu, Moms harus berusaha ekstra untuk bisa mendapatkan kesetiaan dan kepercayaan si melankolis.

Tapi, sekali mereka percaya dan loyal maka ia akan setia seumur hidup. Mereka hanya berkomitmen dan membuat janji kepada orang yang mereka percayai dan hormati. Mereka akan berusaha secara konsisten memenuhi atau melampaui harapan orang yang paling mereka sayangi.

2. Perfeksionis

Si melankolis ini juga dikenal perfeksionis. Mereka memiliki gagasan khusus tentang menciptakan yang sempurna, cara sempurna untuk melakukan sesuatu, dan hasil yang sempurna.

Mereka cenderung menetapkan standar yang sangat tinggi untuk diri mereka sendiri dan orang lain. Ketika hasil yang sempurna tidak tercapai, mereka bisa menjadi marah. Namun, orang-orang ini biasanya tidak menunjukkan amarah mereka sampai akhirnya terpendam dan sampai pada puncak emosi.

3. Kreatif

Seorang melankolis dikenal kreatif. Kebanyakan mereka bergelut di dunia seni sebagai seniman, musisi, hingga penulis.

Mereka juga cenderung memiliki pola penyelesaian masalah yang kreatif dan out of the box. Kreativitasnya bahkan meluas hingga kehidupan sehari-hari.

Selain itu, mereka juga kerap menunjukkan kepeduliannya kepada orang lain dengan cara-cara yang inovatif.

4. Berorientasi pada Pekerjaan

Karena orang dengan karakter melankolis biasanya introvert atau tertutup, mereka terlalu berorientasi pada pekerjaan bukan pada orang lain.

Si melankolis senang jika diberikan daftar tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan. Mereka lebih suka berkutat dengan daftar pekerjaan karena merasa lebih efisien dan produktif.

5. Suasana Hati Kerap Berubah-ubah

Meskipun orang-orang dengan karakter ini cenderung mampu menyimpan dan menjaga emosinya, tapi mereka tetaplah individu yang suasana hatinya bisa berubah-ubah.

Faktanya, mereka adalah sosok yang paling emosional dari semua karakter kepribadian. Emosi yang tinggi dan selalu berubah dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang cepat. Misalnya, ketika mereka sedang gembira lalu perasaan itu berubah menjadi kemurungan karena suatu hal negatif atau kejadian tak menyenangkan dialami olehnya.

6. Analitis

Melansir dari SocioEconomic Challenges Journal dijelaskan bahwa orang melankolis cenderung analitis dan intelektual. Misalnya ketika ingin pergi liburan, si melankolis cenderung menjadi perencana yang ulung bahkan jauh hari sebelum keberangkatan berlibur.

Selain itu, tipe ini juga mampu melihat permasalahan dari semua sisi dan melihat kemungkinan hasil yang akan dicapai. Hal ini membuat mereka menjadi sosok yang efektif sebagai pencari solusi, perencana, dan terorganisir.

7. Menunjukkan Cinta dengan Kata-kata

Mereka yang berkarakter melankolis akan mengekspresikan dirinya melalui kata-kata. Hal ini karena orang dengan kepribadian ini cenderung suka berlindung sehingga mengungkapkan bahasa cinta secara verbal atau emosional membuatnya tidak nyaman.

Sebaliknya, mereka menunjukkan cinta dan kasih sayang dengan kepercayaan dan melakukan hal-hal yang bijaksana serta dapat diandalkan untuk orang yang mereka sayangi.

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Melankolis

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh seorang dengan tipe kepribadian melankolis:

Kelebihan Karakter Melankonis

1. Motivasi diri yang tinggi

Mengingat para melankolis identik dengan sifat perfeksionis, tak heran jika mereka memiliki motivasi diri yang cukup tinggi. Biasanya, mereka membentuk motivasi dirinya melalui standar-standar yang tinggi yang dibuat sendiri.

Tidak hanya itu, mereka juga tidak malas untuk mencoba berbagai cara dan metode untuk menyelesaikan satu pekerjaan yang sama. Tujuannya untuk terus meningkatkan kemampuan mereka demi melakukan yang terbaik.

2. Tidak mudah bosan

Meski kreatif dan memiliki segudang ide menarik, para melankolis bukanlah orang yang mudah bosan. Ya, orang dengan tipe kepribadian ini tidak merasa bahwa rutinitas yang itu-itu saja bisa membuatnya merasa jenuh.

Justru, perubahan yang terlalu signifikan dapat menyebabkan perasaan yang tak nyaman bagi para melankolis. Oleh sebab itu, meski harus melakukan rutinitas yang sama dalam kurun waktu yang lama, orang dengan kepribadian ini tidak merasa terganggu atau terbatasi.

3. Kreatif

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seorang melankolis sering kali dikenal sebagai orang yang kreatif. Maka itu, tak sedikit yang kemudian berkecimpung dalam industri kreatif, seperti seniman, musisi, hingga penulis.

Tak hanya itu, seorang melankolis juga dikenal senang melakukan segala sesuatu dengan pola pikir yang kreatif. Sebagai contoh, orang dengan tipe kepribadian ini memiliki cara tersendiri untuk menunjukkan rasa pedulinya terhadap orang lain.

Bahkan, tak sedikit pula yang memiliki ide-ide kreatif yang tak terpikirkan oleh orang lain, sehingga sering kali menjadi acuan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cara yang kreatif dan menarik.

Kekurangan Karakter Melankonis

1. Cenderung perfeksionis

Sebenarnya, sifat perfeksionis tidak selalu buruk. Pada kondisi tertentu, sifat ini bisa memberikan dampak buruk kepada diri sendiri maupun orang lain. Sifat perfeksionis ini biasanya ditandai dengan memasang standar yang terlalu tinggi dalam melakukan suatu hal atau pekerjaan.

Namun, saat target tidak tercapai, orang yang memiliki sifat ini bisa merasa marah, kesal, hingga stres dan depresi. Maka itu, sifat ini bisa menjadi salah satu kekurangan dari orang dengan tipe kepribadian melankolis.

2. Mudah overthinking

Seorang melankolis sangat identik dengan orang yang pemikir. Artinya, mereka bisa saja tenggelam dalam pikirannya sendiri. Bahkan, orang dengan tipe kepribadian ini dikenal sebagai orang yang serius dan tidak terlalu suka bergurau.

Maka itu, tak sedikit dari mereka yang menjadi overthinking, karena sering kali sibuk dengan pikirannya sendiri. Belum lagi, sifat yang sulit melepaskan kesalahan orang lain di masa lalu juga membuat para melankolis sering kali menyimpan dendam terhadap orang lain sehingga mudah berpikiran negatif terhadap orang-orang yang pernah menyakitinya.

3. Rentan terhadap perubahan mood ekstrem

Orang dengan tipe kepribadian ini tergolong orang yang paling emosional dibanding tipe kepribadian lainnya. Oleh sebab itu, meski sering kali menjaga emosinya dengan baik, tak sedikit dari mereka yang mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem dalam waktu singkat.

Misalnya, saat sedang merasa senang, seorang melankolis bisa saja tiba-tiba merasa amat sedih jika mengalami suatu hal buruk terjadi.

Pekerjaan yang Cocok Bagi Si Melankolis

Bagi seorang melankolis, penting untuknya bisa bekerja dan memiliki ruang pribadi untuk dirinya sendiri. Profesi yang berhubungan dengan kreativitas sangat cocok untuk si melankolis.

Sebab, mereka punya pandangan hidup yang penuh filosofis sehingga menilai karya seni sebagai sesuatu yang berharga. Lalu, pekerjaan apa yang cocok untuk si melankolis? Berikut penjelasannya.

1. Dokter Hewan

Dokter hewan juga menjadi salah satu profesi yang cocok ditekuni oleh si melankolis.

Meskipun sebagai seorang dokter hewan ia harus menghadapi situasi yang menegangkan, tapi di sisi lain, pekerjaan ini juga tidak terlalu membutuhkan banyak komunikasi dengan orang lain.

Sebaliknya, komunikasi dengan hewan menjadi salah satu hal yang bisa mengembangkan kelebihan-kelebihan dalam diri melankolis.

2. Desainer

Pekerjaan lain yang cocok untuk seseorang dengan kepribadian ini adalah desainer.

Profesi ini memungkinkan si melankolis untuk mengekspresikan kreativitasnya. Selain itu, penghasilan seorang desainer juga tinggi, sehingga ia akan merasa dihargai karena desain yang dibuat adalah sebuah karya seni untuknya.

3. Programmer

Kemampuan untuk memahami detail adalah bakat lain dari seorang melankolis. Ia tertarik dengan hal-hal yang jarang diperhatikan orang lain.

Ia juga suka merencanakan, merancang sesuatu sehingga programmer adalah profesi yang cocok untuknya. Selain itu, programmer biasanya melakukan pekerjaannya seorang diri yang mana menjadi hal penting untuk si melankolis.

4. Penulis

Karena kreativitas yang tinggi, mereka memiliki banyak bakat terpendam. Kecintaannya pada kesunyian membuatnya menjadi salah satu penganalisis handal.

Selain itu, kesulitan mengungkapkan apapun yang ia rasakan bisa dituangkan dalam tulisan, sehingga bisa jadi salah satu alternatif untuk menuangkan isi hati dan pikiran.

Selain itu, ia juga memiliki imajinasi tinggi, ia suka menjelajah hal baru, dan rajin ketika bekerja.

5. Pustakawan

Pekerjaan ini cocok untuk seorang melankolis karena suasananya tenang dan tidak membuatnya tertekan. Di perpustakaan ini, si melankolis juga bisa bekerja sambil menikmati kesendiriannya.

Dia juga tidak perlu banyak berkomunikasi dengan orang lain. Ada buku favorit, tempat baca yang nyaman, dan tentu saja lingkungan yang mendukung untuk bisa menyelami pikiran dan perasaannya sendiri.

Posting Komentar untuk "Kenalan Lebih Jauh Dengan Kepribadian Melankolis"