Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Psikologi Ketika Melakukan Negosiasi

Trik Psikologi Ketika Melakukan Negosiasi

Trik Psikologi Ketika Melakukan Negosiasi

Ketika kita menginginkan sesuatu, kita akan diperhadapkan pada proses tawar menawar, bahkan aktifitas ini tidak hanya dilakukan untuk transaksi jual-beli, dalam kehidupan sehari-hari kita pun melakukannya.

Pernah melihat anak kecil menangis karena tidak dibelikan sesuatu yang ia inginkan? Atau pasangan ngambek untuk mendapatkan perhatian yang ia inginkan? Cara-cara seperti ini secara alami kita lakukan berdasarkan pengalaman dalam rangka mendapatkan apa yang kita inginkan.

Trial Ballon

Teknik tawar-menawar yang digunakan untuk mengukur parameter 'lawan' negosiasi kita, sejauh mana kita bisa menekan harga atau melihat apakah sebenarnya kita bisa mendapat yang kita inginkan.

Caranya adalah dengan berandai-andai, memindahkan konsep waktu dengan cara memberikan script tertentu seperti "misalkan" "seandainya" "bagaimana jika".

Contoh: "Misalkan saya beli 10pc harganya di kasih berapa?" (melihat sejauh apa penjual bisa mengurangi harga yang ia tawarkan) atau "seandainya gak bisa ketemu hari ini, gimana kalo kita buat janji minggu depan?" (melihat apakah orang tersebut mau bertemu atau tidak).

Flinch

Mungkin kita sering menggunakan teknik ini tanpa sadar, secara efektif ini bisa digunakan untuk awal proses negosiasi untuk 'menggoyahkan' harga yang diberikan oleh penjual atau membuat lawan bicara kita seperti memberikan informasi yang membuat kita terkejut.

Dalam kegiatan jual-beli biasanya teknik ini dilakukan dengan ekspresi terkejut dikombinasikan melalui script seperti: "Mahal banget sih?" "Kemarin harganya gak segitu" (padahal kemarin belum menawar) atau dalam percakapan sehari-hari kita bisa terlihat penasaran akan informasi yang diberikan untuk mencari tahu lebih jauh dan menggali lebih dalam sebuah informasi. Kita bisa menggunakan script: "Masa sih?" "Astaga" dan lainnya.

Trade-Off

Strategi negosiasi yang biasanya dilakukan dalam aktifitas jual beli maupun bisnis, dimana ketika kamu adalah seseorang penjual yang diperhadapkan pada pembeli yang selalu 'meminta lebih' dalam transaksi pembeliannya.

Trade-off dilakukan dengan cara menukarkan hal yang ia inginkan dengan hal lain yang menguntungkan atau bernilai bagi kita. Contohnya, ketika pembeli meminta harga turun jauh, maka kita sebagai penjual meminta transaksi dinaikkan, bagi semua beli satu barang menjadi dua atau tiga barang.

Cara ini juga digunakan dalam aktifitas sehari-hari, dimana kita memberikan bantuan dan berharap dibantu di kemudian hari atau adanya pertukaran (Trade-off).

Posting Komentar untuk "Trik Psikologi Ketika Melakukan Negosiasi"