Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berhasil Survive Di Lingkungan Yang Toxic

Tips Berhasil Survive Di Lingkungan Yang Toxic

Tips Berhasil Survive Di Lingkungan Yang Toxic

Apakah kamu pernah ngerasa kalo lingkungan di sekitarmu benar-benar toxic sampai bikin kamu capek secara mental? Tapi, tidak mungkin juga jika kamu keluar dari lingkungan itu. Terus gimana ya caranya biar bisa survive di lingkungan yang toxic ini?

1. Introspeksi diri

Sebelum kamu menilai bahwa lingkungan toxic, kamu harus terlebih dahulu melakukan introspeksi diri apakah benar lingkunganmu tocix atau sebenarnya masalahnya adalah pada diri kamu sendiri yang kurang mampu berpikiran terbuka dan beradaptasi dengan lingkungan.

2. Berkomunikasi 

Jika memang kamu merasa tidak nyaman dengan lingkungan di sekitarmu yang toxic, kamu bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang memang kamu rasa adalah sumber ketoxic-an dari lingkunganmu. Berkomunikasilah secara asertif agar kamu dapat mengutarakan apa yang kamu harapkan dari lingkunganmu dan apa yang bisa kamu dan orang-orang di sekitarmu lakukan untuk mencapai keharmonisan di lingkunganmu.

3. Mencara tahu alasan orang di sekitarmu menjadi toxic

Perilaku yang dilakukan oleh seseorang pasti memiliki sebab atau alasan. Jika kamu merasa orang-orang di sekitarmu toxic, kamu bisa mencoba mencari tahu kenapa sih mereka bisa menjadi toxic seperti itu. Setelah kamu tahu sebab-sebabnya, kamu bisa mulai mencoba untuk memahami keadaan orang-orang di sekitarmu.

4. Arahkan lingkunganmu menjadi lebih positif

Jika kamu sudah memahami keadaan dan alasan orang-orang di sekitarmu menjadi toxic, kamu bisa mencoba untuk memberikan arahan dan dukungan agar mereka dapat berubah menjadi lebih baik dan positif. Dengan seperti ini, kamu tidak hanya berhasil survive di lingkungan yang toxic, tapi juga berhasil membawa kebaikan pada lingkunganmu yang toxic.


Sc: klee.id

Posting Komentar untuk "Tips Berhasil Survive Di Lingkungan Yang Toxic"