Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengerjakan Psikotes Menggambar Pohon Dengan Benar

Tips Mengerjakan Psikotes Menggambar Pohon Dengan Benar

Gambar pohon dalam psikotes atau lebih dikenal dengan tree test atau baum test yaitu tes menggambar pohon yang berkambium. Tes ini pertama kali dikembangkan oleh Karl Koch pada tahun 1959.

Tugas kita sebagai peserta tes adalah menggambar pohon dengan kriteria berkambium (dikotil), bercabang dan berbuah seperti pohon jati, pohon mangga, dll. Kita tidak diperkenankan menggambar pohon sejenis bambu, semak belukar, pisang dan tanaman sejenis monokotil lainnya.

Baum test berfungsi untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang. Hal ini dapat diketahui dari bentuk gambar, kelengkapan gambar, kerapian, cara menggambar, dan dari berbagai aspek lainnya.

Lalu, bagaimanakah tips mengerjakan soal Baum test ini?

Tips Mengerjakan Psikotes Menggambar Pohon (Baum Test)

Gambarlah pohon yang keras terutama pohon jati, rambutan, durian, dan lainnya. Jangan menggambar pohon yang miring tetapi gambarlah pohon secara tegak, batangnya besar, banyak cabang dan ranting, daunnya rindang, buahnya banyak, dan akarnya kokoh.

Walaupun kamu tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detail dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon.

Untuk hasil yang lebih maksimal, fotolah pohon tersebut, pelajari karakter jenis pohonnya, kemudian latihlah kemampuan menggambar kamu dengan mengacu pada foto tersebut.

Jangan menggambar pohon dalam ukuran kecil, tetapi gambar yang besar, sesuaikan dengan ukuran kertas yang diberikan.

Posting Komentar untuk "Tips Mengerjakan Psikotes Menggambar Pohon Dengan Benar"