Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Soal Psikotes Ini Sering Keluar Saat Tes Kerja

3 Soal Psikotes Ini Sering Keluar Saat Tes Kerja

3 Soal Psikotes Ini Sering Keluar Saat Psikotes Kerja

Ujian psikotes adalah sebuah tes yang dilaksanakan oleh tim rekrutmen calon karyawan baru. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologi karakter seseorang. Psikotes disesuaikan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Bidang kerja yang banyak menjadi target psikotes adalah bidang pendidikan, bidang penelitian, bidang industri, bidang militer, dan bidang strategis lainnya.

Jenis soal psikotes yang selalu keluar saat ujian psikotes adalah jenis psikotes gambar. Soal psikotes gambar ini biasanya berupa psikotes wartegg, psikotes DAP atau psikotes gambar orang dan psikotes baum atau psikotes menggambar pohon. Semua tes ini sangat sering diuji saat tes kerja. Oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk memahami semua tes ini sebelum mengikutinya. Psikotes gambar ini sering digunakan oleh perusahaan seperti BUMN, Perbankan, BUMD, PMA, dll.

Mengerjakan psikotes ini tidaklah terlalu sulit karena yang paling dibutuhkan hanya ketelitian dan kerapian gambar yang dibuat. Nah bagi kamu yang belum memahami cara menggambar yang benar saat psikotes ini simaklah beberapa tips berikut ini. Tips ini sudah dilengkapi dengan cara mengerjakannya.

1. Psikotes Wartegg

Psikotes wartegg pertama kali dikembangkan oleh Krueger dan Sander dari Universitas Leipzig. Tujuan tes ini adalah untuk mengeksplorasi kepribadian dasar manusia seperti emosi, imajinasi, kontrol dan fungsi realitas. Setiap orang tentu berbeda intensitas dan interelasinya.

Psikotes wartegg adalah psikotes menggambar 8 kotak, setiap kotak berisikan 8 simbol gambar berbeda yang belum sempurna dan masing-masing kotak harus kamu kembangkan dan sempurnakan gambarnya sesuai dengan imajinasi masing-masing.

Tujuan wartegg test adalah untuk mengetahui intelegensi imajinasi pikiran kamu dalam membuat gambar. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Dalam tes ini kamu diminta untuk menyelesaikan 8 gambar di dalam kotak tersebut. Petujuk mengerjakan psikotes ini diantaranya:

  1. Menuliskan nama gambar yang diselesaikan pada masing-masing gambar tersebut
  2. Menuliskan urutan gambar yang telah diselesaikan
  3. Menuliskan nomor gambar mana saja yang paling disukai
  4. Menuliskan nomor gambar mana saja yang tidak disukai
  5. Menuliskan nomor gambar mana saja yang sulit di selesaikan, dan
  6. Menuliskan nomor gambar mana saja yang paling mudah diselesaikan.

Deskripsi jawaban psikotes wartegg test yang perlu kamu tahu adalah sebagai berikut:

Gambar 1 menunjukkan kemampuan proses adaptasi seseorang terhadap lingkungannya

Gambar 2 menunjukkan fleksibilitas perasaan

Gambar 3 menunjukkan motivasi atau dorongan hasrat untuk maju

Gambar 4 menunjukkan standar bagaimana cara seseorang mengatasi kesulitan dan masalah

Gambar 5 menunjukkan bagaimana cara seseorang bertindak dan mengambil keputusan

Gambar 6 menunjukkan analisa dan pola pikir

Gambar 7 menggambarkan perasaan dan emosi seseorang

Gambar 8 menunjukkan bagaimana cara seseorang dalam menjalin sebuah hubungan sosial

Dengan mengetahui deskripsi jawaban masing-masing kotak setidaknya kamu tahu gambar apa kira-kira yang cocok digambarkan.

Penjelasan lebih lengkap cara menjawab soal psikotes wartegg ini dapat kamu lihat pada artikel: Tips Menjawab Soal Psikotes Wartegg

2. Psikotes Gambar Orang

Gambar orang dalam psikotes dikenal dengan nama tes DAP atau Tes Draw A Person. Psikotes menggambar orang tergolong tes yang sederhana. Tes ini sangat universal dipakai dalam berbagai keperluan psikologi. Di Indonesia tes gambar orang ini sangat luas dipakai untuk seleksi penerimaan karyawan swasta, pegawai BUMN, maupun instansi lainnya.

Tujuan dalam tes DAP ini di antaranya untuk melihat kemampuan, karakter dan kepribadian seseorang dinilai dari gambar yang dibuatnya. Sehingga tes DAP ini termasuk golongan tes psikologi grafis.

Dalam psikotes menggambar orang beraktivitas ini, kamu sebagai peserta tes diminta untuk menggambar tiga orang pada tiga lembar terpisah. Yaitu gambar pria, gambar wanita dan gambar diri kamu sendiri. Jika tidak ditentukan jenis kelaminnya sebaiknya gambarlah diri kamu sendiri yang sedang beraktifitas dan ada hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar.

Inilah beberapa tips yang harus kamu perhatikan pada saat mengerjakan soal psikotes gambar orang ini:

1. Gambar sesuai dengan jenis kelamin

Gambarlah orang sesuai dengan jenis kelamin, jika kamu seorang wanita maka gambarlah objek wanita, jika kamu pria maka gambarlah objek pria. Ketika mulai menggambar usahakan posisi gambar tepat di tengah-tengah kertas agar simetris.

2. Gambar anggota badan dengan lengkap

Janganlah menggambar objek dalam bentuk kartun ataupun sketsa. Gambar yang  baik adalah menggambar manusia secara lengkap dan utuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Perhatikan juga bentuk-bentuk lekukan tubuh seperti mata, hidung, telinga, tangan, hingga jari harus jelas (upayakan sedetail mungkin).

3. Gambar objek sesuai dengan profesi

Gambar kamu harus sesuai dengan profesi pekerjaan yang kamu lamar. Gambarlah dengan jelas semua kelengkapan pakaian seperti atribut kerja sampai aksesoris yang dikenakan. Selanjutnya gambarkan ekspresi wajah bahagia atau tersenyum saat objek yang kamu gambar melakukan aktivitas.

4. Gaya posisi objek gambar

Kamu bebas menggambarkan segala macam aktivitas objek, baik sedang duduk, berdiri, berbaring, hadap kanan, dan sebagainya. Pilihan-pilihan ini bisa disesuaikan sesuai dengan keahlian kamu dalam menggambar. Dan yang paling penting gambar objek tersebut sesuai dengan aktivitas pekerjaan yang sedang kamu lamar.

5. Perhatikan garis-garis gambar

Bagi tim psikolog, goresan dan tekanan gambar yang kamu buat terkandung banyak makna didalamnya. Misalnya, jangan sekali-kali memberikan penekanan berlebihan pada wajah sebab akan menunjukkan bahwa kamu orang yang tidak percaya diri. 

Perhatikan juga ukuran gambar, jika kamu menggambar objek yang terlalu besar maka bisa dikatakan kamu termasuk kriteria orang yang dominan. Terakhir gambarkan posisi tangan dalam keadaan terbuka dengan memperlihatkan detail jari tangan.

Selengkapnya lebih mendetail tentang tips mengerjakan psikotes menggambar orang dapat dilihat pada artikel: Psikotes Menggambar Orang (DAP)

3. Psikotes Gambar Pohon

Selanjutnya, tes gambar yang lazim digunakan adalah tes gambar pohon. Tujuan tes gambar pohon adalah untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja calon karyawan bersangkutan. Penilaian tes ini dilihat dari bentuk gambar, kelengkapan gambar, kerapian, cara menggambar, dan dari berbagai aspek lainnya.

Untuk psikotes sering disebut dengan tree test atau baum test, yaitu soal psikotes menggambar sebuah pohon berkambium. Pohon berkambium adalah sejenis pohon tanaman keras, kamu boleh menggambar pohon mangga, pohon jati, pohon akasia dan sejenisnya. Tidak dibolehkan menggambar pohon pinang, pohon kelapa, pohon jagung dan yang sejenis dengannya.

Tugas kamu hanya membuat gambar pohon pada selembar kertas yang telah disediakan panitia menggunakan pensil. Berikut ini tips dan trik menggambar pohon saat ujian psikotes menggambar pohon yang harus kamu perhatikan.

1. Jenis pohon berkambium

Gambar pohon yang disarankan adalah yang paling mudah digambar diantarnya pohon mangga, durian, jambu dan sejenisnya. Gambarkan daun yang lebat dan rindang pada setiap cabangnya dan batang maupun akar pohon yang kokoh.

2. Hanya satu goresan pada gambar

Yang paling ditekankan adalah menggambar pohon hanya menggunakan satu goresan saja tanpa berkali-kali, ini untuk menandakan kamu bukan tipe orang yang peragu dalam memutuskan suatu persoalan.

3. Posisi objek gambar di tengah

Gambar yang kamu buat harus tepat berada di tengah-tengah kertas. Tuliskan judul yang tepat sesuai dengan pohon yang digambar.

4. Kelengkapan gambar

Gambar pohon harus sempurna, tidak boleh ranting saja atau pohon yang hampir mati. Tetapi gambarkan pohon secara lengkap, mulai dari akar, batang, ranting, dahan, daun, bunga, hingga buah. Biasanya, terdapat beberapa jenis pohon atau tanaman yang tidak boleh digambarkan. Oleh karena itu, kamu harus perhatikan instruksi dengan teliti.

5. Berilah keterangan gambar

Setelah selesai menggambar, beri nama pohon yang kamu gambar tersebut. Kemudian, jelaskan atau deskripsikan pohon tersebut sesuai dengan ciri-ciri yang dimilikinya.

Tips bagaimana cara menggambar pohon psikotes yang benar dapat kamu lihat pada artikel: Tips Mengerjakan Psikotes Menggambar Pohon Dengan Benar

Posting Komentar untuk " 3 Soal Psikotes Ini Sering Keluar Saat Tes Kerja"