Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trauma Ternyata Ada Gunanya Lho

Trauma Ternyata Ada Gunanya Lho

Trauma Ternyata Ada Gunanya Lho

Setiap perilaku yang kita lakukan, selalu memiliki sebuah alasan baik. Bahkan ini berlaku untuk kebiasaan buruk sekalipun.

Kita ambil contoh kebiasaan 'rebahan'. Ternyata, ini adalah cara kita menghindar dari hal yang tidak nyaman dan tidak ingin kita lakukan. Atau merokok (walaupun tidak semua menganggap ini buruk), ternyata hal ini bertujuan untuk membuat diri kita nyaman di berbagai situasi.

Ada sebuah istilah yang disebut "secondary gain" atau keadaan dimana seseorang memiliki tujuan tertentu dari rasa sakitnya.

Ketika hal ini muncul, kita memiliki pilihan untuk 'tetap nyaman' dalam hal buruk dan rasa sakit atau berusaha mengkomunikasikannya dengan diri kita.

Pikiran dan tubuh kita memiliki kecerdasannya sendiri. Keduanya ada untuk memperlengkapi diri dan membuat diri 'tetap hidup'. Inilah yang menjadi alasan kenapa sebuah trauma bisa membantu kita bertahan untuk menjalani kehidupan.

Trauma atau luka pada dasarnya bertujuan untuk melindungi diri dari ketidaknyamanan dan kemungkinan peristiwa buruk yang akan terjadi di masa depan. Tubuh dan pikiran akan memberikan 'sinyal bahaya' ketika sebuah pengalaman mirip trauma itu muncul di hadapan kita.

Jadi, ketika sebuah perasaan tidak nyaman muncul, pikiran negatif itu hadir, jangan buru-buru untuk mengusirnya tanpa tahu pesan apa yang ingin disampaikan.

Berkomunikasilah dengan dirimu sendiri, ini bermanfaat untuk menyadari, mengakui dan menerima setiap perasaan. Dan ketika kamu sudah siap, ini saatnya melepaskan setiap beban yang menyertai sebuah ingatan. Tanpa dipaksakan, tapi tetap diingat sebagai bentuk peringatan.

Perlu diingat, bahwa kebahagiaan bukanlah hidup tanpa masalah, trauma ataupun emosi negatif. Kebahagiaan adalah "state of mind" keadaan pikiran dan perasaan yang bisa kita pilih dan putuskan sendiri.

Bisa jadi kebahagiaanmu malah hadir ketika kamu menerima dan melepaskan pengalaman buruk, bukan karena pencapaian atau kejadiaan yang baik. Karena terkadang, luka adalah cara manusia melihat dunia yang sebenarnya.


Sc: @daudantonius

Posting Komentar untuk "Trauma Ternyata Ada Gunanya Lho"