Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengerjakan Psikotes EPPS

Tips Mengerjakan Psikotes EPPS

Apa itu EPPS?

EPPS merupakan kepanjangan dari Edwards Personal Preference Schedule, yaitu sebuah tes untuk mengukur kecenderungan-kecenderungan yang kita sukai pada soal-soal yang berpasangan. Walaupun pada kenyataannya pada soal-soal EPPS tersebut kita tidak menyukai keduanya, namun kita wajib memilih salah satu yang lebih disukai. Inilah yang dinamakan sebuah kecenderungan pada EPPS.

Soal EPPS berfungsi untuk mengukur atau mengungkap 15 jenis atau motif kebutuhan pribadi secara khusus melalui 225 soal yang berpasangan. Kamu selaku yang mengerjakan soal EPPS akan disuruh untuk memilih yang paling sesuai atau cenderung disukai pada diri sendiri. Berikut ini adalah 15 kebutuhan yang biasanya akan diungkap dalam soal EPPS:

  1. Achievement yaitu sebuah kebutuhan pada diri untuk menyelesaikan seluruh tugas dengan baik dan optimal
  2. Deference yaitu sebuah kebutuhan pada diri untuk menuruti atau menyesuaikan diri pada norma atau bahkan menundanya
  3. Order yaitu sebuah kebutuhan pada diri untuk membuat perencanaan dan pengelolaan secara teratur
  4. Exhibition yaitu sebuah kebutuhan pada diri agar menjadi pusat perhatian dalam kelompok
  5. Autonomy yaitu sebuah kebutuhan untuk memiliki otonomi atas responsibility dan kewajiban sendiri
  6. Affiliation yaitu sebuah kebutuhan pada diri dalam menjalin interaksi atau hubungan sosial
  7. Intraception yaitu sebuah kebutuhan pada diri dalam menganalisa tingkah laku atau perasaan orang lain
  8. Succorance yaitu sebuah kebutuhan pada diri untuk menerima dukungan dari orang lain
  9. Dominance yaitu sebuah kebutuhan pada diri untuk menjadi pemimpin atau memimpin dan mempengaruhi orang lain
  10. Abasement yaitu sebuah kebutuhan pada diri untuk mengakui dan menerima berbagai kesalahan serta mengakui kesalahan pada orang lain
  11. Nurturance yaitu sebuah kebutuhan untuk membantu dan menolong orang lain
  12. Change yaitu sebuah kebutuhan untuk mencari dan menggali sebuah pengalaman baru serta menghindari rutinitas
  13. Endurance yaitu sebuah kebutuhan pada diri untuk menyelesaikan tugas atau dengan kata lain daya tahan diri sendiri
  14. Heterosexuality yaitu sebuah kebutuhan pada diri untuk berhubungan atau melakukan interaksi dengan lawan jenis
  15. Aggression yaitu sebuah kebutuhan pada diri Anda dalam menyampaikan pendapat, saran dan kritik kepada orang lain.

Jika kamu mengerjakan soal EPPS pada ujian psikotes tersebut dengan selesai dan baik, maka hasil EPPS akan menunjukan sebuah grafik yang memperlihatkan kepada kamu terkait dengan kecenderungan kuat pada kebutuhan Achievement, endurance, dan kebutuhan lainnya. 

Dengan membawa hasil tersebut, maka kamu sendiri sudah dapat mengira bahwa Departemen A di Perusahaan A membutuhkan orang-orang yang memiliki kepribadian seperti apa? Untuk ruang lingkup atau Departemen yang berkaitan dengan teknik, biasanya akan memerlukan orang yang memiliki kecenderungan endurance yang kuat, autonomy, dan order. Sebanyak 225 item atau soal yang terdapat pada EPPS akan menunjukan gambaran diri atau kepribadian kamu Sendiri.

Tips Mengerjakan Psikotes EPPS

Tips Mengerjakan Soal Psikotes EPPS

Jika kamu menginginkan untuk lulus atau bisa diterima jika mengerjakan soal psikotes pada bagian EPPS, maka pengerjaan soal ini bukan bisa atau tidak bisa, bukan pintar atau bodoh, namun lebih cenderung terhadap kepribadian kamu sendiri, apakah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak. 

Dengan soal EPPS inilah kamu akan mengetahui gambaran diri sendiri agar nantinya bisa lebih optimal dalam melakukan aktivitas bekerja. Pada prinsipnya yaitu, jika seseorang berada pada zona nyaman atau menyenangkan bagi dirinya, maka orang tersebut akan menampilkan kinerja terbaiknya, hingga pada akhirnya, kesulitan demi kesulitan yang dijumpai di pekerjaannya akan menjadi tantangan untuk terus belajar dan bertanggungjawab.

Tips dalam mengerjakan tes ini yaitu silahkan persiapkan mental dan fisik kamu untuk menghadapi soal psikotes yang akan dikerjakan. Beristirahatlah yang cukup, karena jika kamu memiliki mood yang jelek dan kondisi fisik kurang baik, maka hal tersebut akan mempengaruhi hasil psikotesmu. Jadilah diri sendiri jika mengerjakan soal-soal psikotes, jika kamu mengerjakan berbagai soal psikotes diluar diri sendiri maka hal tersebut akan dapat melelahkan mental kamu.

Kamu bisa saja  memanipulasi dengan memilih jawaban yang terlihat baik. Namun perlu diketahui, bahwa seluruh jawaban pada soal-soal psikotes bersifat 'social desirability' serta telah memiliki antisipasi. Penguji atau penilai akan mengetahui dengan pasti, jika jawabanmu memiliki kecenderungan terlihat seperti ‘faking good atau mengesankan baik’. Hal tersebut oleh penilai akan dianggap tidak valid atau tidak dapat digunakan.

Posting Komentar untuk "Tips Mengerjakan Psikotes EPPS"