Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Introvert = Pemalu?

Introvert = Pemalu?

Introvert = Pemalu?

Masih banyak sekali yang mengasosiasikan pemalu dengan introvert. Apakah benar kedua hal tersebut berkaitan? Apakah introvert itu sama dengan pemalu?

Introvert merupakan sifat seseorang yang mendapatkan energi ketika sedang menyendiri, lebih semangat melakukan aktivitas secara individu dan terkadang kurang menyukai keramaian.

Sedangkan pemalu adalah seseorang yang takut untuk melakukan sebuah interaksi dengan orang lain karena takut akan kritikan atau penilaian buruk terhadap dirinya. Namun, terkadang jiwa seseorang pemalu yang sebenarnya adalah ingin berbaur dengan orang lain hanya saja ia memiliki rasa takut.

Apakah seseorang yang pemalu berarti ia introvert?

Belum tentu, siapapun itu baik introvert, ekstrovert, ataupun ambivert bisa saja memiliki sifat pemalu di dalam diri mereka.

Sifat pemalu tersebut disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah kemampuan bersosialisasi yang buruk, trauma masa lalu, atau kepercayaan diri yang rendah.

Jadi, perlu diingat berdasarkan definisi sebelumnya dapat disimpulkan bahwa seorang introvert bukanlah seseorang yang pemalu.

Pemalu adalah seseorang yang merasakan malu atau takut ketika berbaur dengan orang lain, sedangkan introvert mengurangi interaksi sosial bukan karena ia takut namun karena ia membutuhkan waktu untuk recharge energi sosial mereka.


Sc: @intrvrt.me

Posting Komentar untuk "Introvert = Pemalu?"