Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uang Bisa Kok Membeli Kebahagian

Uang Bisa Kok Membeli Kebahagian

Uang Bisa Kok Membeli Kebahagian

Kita mungkin sering mendengar pernyataan bahawa "uang bukanlah segalanya" atau "uang tidak dapat membeli kebahagiaan". Tapi ternyata uang bisa membeli kebahagiaan yang kita rasakan.

Uang itu netral, tidak mengubah tapi menunjukkan sisi lain dari setiap manusia. Kita bisa menukar uang dengan kebahagiaan, karena pada dasarnya uang hanyalah media, tidak baik ataupun jahat.

Bukan seberapa banyak uang yang kita miliki

Menurut buku "Happy Money" karya Elizabeth Dunn & Michael Norton, ternyata hampir di seluruh dunia, besarnya penghasilan kita hanya sedikit berpengaruh terhadap kebahagiaan.

Yang jauh lebih berpengaruh adalah bagaimana cara seseorang membelanjakan uang yang mereka miliki, itulah yang kemudian bisa menciptakan kebahagiaan.

Kalau mau bahagia, uangnya dibelanjakan untuk apa?

Uang tidak dapat membeli kebahagiaan mungkin tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Kita dapat 'menukar' uang dengan hal-hal yang membuat kita lebih nyaman, aman bahkan bahagia.

Salah satu contohnya adalah dengan membelanjakan uang menjadi sebuah pengalaman. Entah itu mengunjungi tempat baru atau sesuatu yang berkesan. Ingatan akan pengalaman inilah yang dapat memunculkan kebahagiaan di kemudian hari.

Jadi, walaupun kejadiannya sudah berlalu, ingatannya masih bisa kita simpan.

Selain pengalaman, yang juga bisa kita tukar dengan "quality time" atau waktu berharga dengan orang-orang terdekat.

Waktu adalah suatu hal terbatas, ketika kita kehilangan maka tidak akan bisa kembali dan hanya bisa disesali. Uang yang dipergunakan dengan baik akan bisa membuat kita fokus pada hal yang penting dan berharga seperti pasangan, keluarga, passion dan juga impian yang ingin kita capai.

Selain itu, terdapat sebuah fakta yang menarik, yaitu uang yang kita bagikan akan membuat kita lebih bahagia daripada uang yang kita terima.

Jadi, selain dapat membeli pengalaman dan waktu, uang juga bisa kita pergunakan sebagai cara berbagi dan membuat orang lain ikut bahagia karena hal tersebut.

Dengan melihat orang lain bahagia, kita bisa merasakan dampak baik, kepuasan dan berbagai emosi positif lainnya.

Posting Komentar untuk "Uang Bisa Kok Membeli Kebahagian"