Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamu Punya Masalah? Bagus Dong!

Kamu Punya Masalah? Bagus Dong!

Kamu Punya Masalah? Bagus Dong!

Setiap dari kita pasti tahu bahwa hidup tidak akan pernah lepas dari masalah. Setiap fase dalam hidup kita, pasti ada masalah yang sesuai dengan takarannya. Dan bisa jadi masalah dari masa lalu bukan lagi masalah di masa yang sekarang.

Contohnya, pada waktu kita SD, bisa jadi perkalian dan pembagian  adalah masalh besar. Tapi ini sepele untuk anak SMA. Bagi mereka, rumus statistiklah yang bisa jadi masalh.

Walaupun tetap saja ada beberapa dari kita yang betah ada di masalah yang sama dan tidak mau move on.

Lalu, kenapa kita tidak mau berubah dan belajar dari masalah?

Jika kamu pernah mendengar, ada istilah yang disebut sebagai homeostatis atau kecenderungan kita untuk tetap pada zona nyaman agar bisa bertahan hidup. Ini berlaku untuk sistem biologis dan psikologis manusia.

Tubuh kita mempertahankan suhu, detak jantung dan lainnya agar bisa berfungsi normal. Sedangkan pikiran kita menciptakan sebuah tembok besar agar kejadian tidak menyenangkan tidak terulang kembali.

Perlu kita ingat, bahwa tujuan hidup bukanlah bebas dari masalah, namun melepaskan berbagai emosi negatif yang biasanya menyertai masalah tersebut. 

Emosi seperti kemarahan, kesedihan, kecewa dan hal lainnya yang mengganggu itulah yang harus kita lepaskan. Sementara masalahnya tetap perlu kita cari jalan keluarnya, bukan cuma pelampiasan agar emosi lebih baik tapi masalahnya tetap ada.

Ketika ada masalah, mungkin kita perlu jeda supaya lebih rasional dalam menghadapinya, bukan cuma mencari pelampiasan agar lega secara emosi saja, namun kita perlu solusi nyata. Tujuannya adalah ketika ada masalah yang sama datang, itu bukan menjadi hal yang menyusahkan kita lagi.

Posting Komentar untuk "Kamu Punya Masalah? Bagus Dong!"