Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ungkap Kebohongan Dengan Pertanyaan

Ungkap Kebohongan Dengan Pertanyaan

Ungkap Kebohongan Dengan Pertanyaan

Berbicara tentang kebohongan, tidak dipungkiri jika sebagian besar dari kita memiliki keingintahuan untuk mengetahui bagaimana cara mengungkap kebohongan yang mungkin orang lain lakukan. Entah itu pasangan, teman, keluarga, bahkan rekan kerja sekalipun.

Nah, berikut ini adalah sejumlah teknik yang bisa kamu gunakan untuk bertanya langsung kepada lawan bicaramu dalam rangka mengungkap hal yang disembunyikan, menggali informasi maupun mencari tahu kebenaran akan sesuatu hal.

Teknik Bertanya untuk Mengungkapkan Kebohongan

1. Teknik Shootgun

Teknik ini merupakan teknik dimana kita mengajukan pertanyaan yang tidak terduga dalam kondisi yang juga tidak terduga.

Cara ini efektif untuk membuat sesorang "terkejut" sehingga menampilkan kebocoran emosi. Seseorang yang tidak siap menjawab akan kebingungan dan inilah saat yang tepat untuk kita mencari tahu lebih dalam.

Misalnya, dalam kondisi santai tanyakan dengan tiba-tiba sesuatu yang sensitif yang ingin kamu ketahui, buatlah lawan bicaramu seperti bebas dan tidak teracam baru kemudian tanhyakan pertanyaan yang tidak terduga.

Respon lawan bicaramu bisa saja sangat beragam, dan inilah yang bisa digunakan sebagai 'jalan masuk' untuk mencari tahu sebuah informasi.

2. Teknik Machine Gun

Teknik Machine Gun yaitu teknik dimana kita melontarkan atau menanyakan pertanyaan tanpa henti sehingga seseorang menjadi kehabisan jawaban dan memunculkan kegelisahan.

Sebagai contoh, seorang pasangan yang bertanya “kamu kemarin kemana?” setelah dia menjawab, tanyakan lagi “Dari jam berapa aja itu?” kemudian tanyakan lagi “Perasaan kamu gimana kemarin?”

Usahakan untuk bertanya dengan sikap santai dan tidak terkesan memojokan, karena jika dari awal kita ingin memojokan, maka lawan bicara kita akan cenderung defensif.

Ketika seseorang 'kehabisan alasan', itulah saat di mana ia mulai mengungkapkan hal yang sebenarnya terjadi atau ia rasakan. Ini sangat cocok untuk mengungkapkan orang yang biasanya berbohong secara terencana.

3. Teknik Sniper

Teknik satu ini merupakan salah satu teknik favorit wanita. Mungkin secara tidak sadar kamu pernah melakukannya dan efektif dalam menggali sesuatu, teknik ini adalah di mana kamu menanyakan pertanyaan yang sebenarnya jawabannya sudah kamu ketahui sebelumnya.

Jadi tujuannya yaitu melakukan validasi dan konfrontasi terhadap data yang kita temukan, jangan lupa juga sebelum melakukan teknik ini perlu melakukan riset atau setidaknya menemukan fakta-fakta yang tepat dan ingin kamu tanyakan.

Yuk dicoba teknik di atas dan perhatikan responnya. Kebohongan bisa jadi hal yang sangat subjektif bagi seseorang dan tidak bisa kita simpulkan begitu saja. Karena kadang lebih penting mengetahui alasan dari informasi yang disembunyikan atau direkayasakan tersebut.

Alasan Seseorang Melakukan Kebohongan

Pada dasarnya kita berbohong hanya karena dua alasan, yaitu untuk mencari keuntungan atau menghindari rasa sakit.

Ini termasuk dari respon otak reptil yang mengatur sejumlah refleks untuk fight or flight dari sebuah kejadian. Fight berarti bertarung atau menghadapi tantangan dan flight berarti kabur atau menjauhi sesuatu.


Sc: @daudantonius

Posting Komentar untuk "Ungkap Kebohongan Dengan Pertanyaan"