Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda-Tanda Kamu Mengalami Stres, Frustrasi Dan Depresi

 Tanda-Tanda Kamu Mengalami Stres, Frustrasi Dan Depresi

Tanda-Tanda Kamu Mengalami Stres, Frustrasi Dan Depresi

Banyak orang yang tidak bisa membedakan antara stres, frustrasi dan depresi. Kalau ada perasaan tidak enak sedikit, langsung bilang “aku depresi nih”. Bagaimana sebenarnya stress, frustasi dan depresi? Mari kita bahas tiga kata ini.

Apa itu Stres?

Stres adalah sebuah reaksi ketika kita menghadapi suatu masalah ataupun sesuatu hal yang kita anggap sulit dihadapi di kehidupan sehari-hari. Reaksinya bisa fisik, emosional, dan bisa juga mental.

Stres sendiri terbagi menjadi dua, yaitu distress dan eustress. Eustress adalah stres yang memberikan efek positif dimana kita jadi termotivasi, sehingga mau belajar hal baru ataupun jadi mau berjuang lebih kuat. Sebaliknya, distress adalah stres yang memberikan dampak negatif yang mana kalau dipertahankan lama-lama atau kalau terjadi terlalu lama bisa berkembang menjadi gangguan.

Bagaimana dengan Frustrasi?

Frustrasi sendiri adalah kekecewaan yang terjadi ketika kita sedang berusaha terus-menerus tapi hasil yang dicapai tidak sesuai ekspektasi, kerja terus atau berusaha terus tapi tidak kelihatan hasil yang kita inginkan.

Apa tanda Depresi?

Depresi adalah sebuah gangguan mood yang ditandai dengan perasaan sedih, hampa, kehilangan motivasi, kehilangan minat positif, dan juga ada perubahan di pola makan dan pola tidur. Hal ini cuma bisa ditegakkan jika sudah terjadi lebih dari beberapa durasi waktu tertentu.

Jadi, ayo mulai kenali emosi-emosi kita supaya kita bisa tahu jalan keluar yang terbaik dan bagimana cara menyelesaikan masalah yang kita hadapi ini yang mungkin membuat kita stress, frustrasi atau mungkin sudah berkembang menjadi gangguan mood depresi.

Posting Komentar untuk "Tanda-Tanda Kamu Mengalami Stres, Frustrasi Dan Depresi"