Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negative Thinking Yang Sehat

Negative Thinking Yang Sehat

Healthy negativity adalah istilah yang menggambarkan kemampuan untuk merespon dan menanggapi aspek negatif yang dirasakan dengan sehat. Misalnya: 

"Hidup nggak adil banget sih, tapi ya mau gimana lagi... namanya hidup" 

atau 

"Duh, aku pasti gagal! Tapi nggak ada salahnya mencoba kan?" 

bisa juga seperti 

"Ya mau gimana lagi, yang terjadi biarlah terjadi. Waktunya aku buat menyusun hidup baru".

Negative Thinking Yang Sehat

Healthy negativity bisa menjadi langkah sehat dalam mengakui kekurangan yang dimiliki, bukan menutup-nutupinya atau menyangkalnya yang ujungnya malah menjadi beban.

Perlu diingat, Healthy negativity bukan berati kita mencap diri sebagai orang yang buruk atau negatif, melainkan kita mampu menerima sisi diri yang buruk atau negatif dan berusaha untuk mengubah yang bisa diubah.

Dengan mindset ini, perasaan kita terhadap kekurangan yang dimiliki atau emosi negatif yang dirasakan dapat menjadi tidak seburuk sebelumnya, karena perasaan negatif yang kita rasakan sudah tervalidasikan dengan cara yang sehat.

Terkadang yang membuat perasaan dan pikiran menjadi negatif itu karena kita menyangkal fakta tentang diri kita yang tidak kita sukai. Atau kita yang terlalu melabeli buruk diri kita sehingga menolak untuk berubah menjadi lebih baik.

Tidak ada salahnya mengakui kekurangan diri atau perasaan negatif yang dirasakan, semua itu nyata dan manusiawi untuk dirasakan.

Posting Komentar untuk "Negative Thinking Yang Sehat"