Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menghadapi Haters, Meski Kamu Bukan Seleb

5 Tips Menghadapi Haters, Meski Kamu Bukan Seleb

5 Tips Menghadapi Haters, Meski Kamu Bukan Seleb

Haters tidak hanya dimiliki para selebritis atau orang terkenal saja, orang biasa seperti kita pun tidak terhindar dari haters. Meskipun setiap dari kita menginginkannya, akan selalu ada orang yang melihat dari sisi negatif atas hal yang kita lakukan.

Sebenarnya hal ini tidak lah penting, tapi harus kita hadapi. Berikut ini adalah 5 tips menghadapi haters yang bisa kamu lakukan.

5 Cara Menghadapi Haters

1. Mengabaikan

Haters akan selalu ada. Walaupun kamu sudah melakukan hal baik, mereka akan bisa mencari celah untuk menjatuhkan atau mengangkat sisi negatifnya.

Bisa jadi sebenarnya mereka tidak bermasalah dengan diri kamu, tapi dengan diri mereka sendiri. Cara pertama untuk merespon mereka adalah dengan cara mengabaikannya. Apalagi jika pendapat mereka tidak berpengaruh untuk hidup kamu.

2. Memahami

Cara kedua yang lebih 'waras' dan dewasa, yaitu dengan menyadari bahwa setiap orang berbeda-beda, dan tidak semua orang akan menyukai kita, pasti ada saja yang tidak menyukai kita tanpa alasan.

Karena alasan inilah, kita tidak harus menyenangkan semua orang atau takut mengecewakan orang lain. Jika sesuatu yang kamu lakukan adalah hal benar, yakinlah dan tetap lakukan.

3. Mengontrol Emosi

Mungkin kamu sering mendengar hal ini, bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah netral, tidak positif ataupun negatif. Nah, ternyata respon kitalah yang menentukan hal tersebut akan negatif atau positif pada nantinya.

Kamu memang tidak bisa mengendalikan orang lain, tapi bisa mengendalikan diri sendiri. Itu artinya kita bisa menganggap komentar maupun kritik sebagai cara mereka memedulikan secara berlebihan.

4. Mengubah Pandangan

Cara berikutnya yang juga bisa kamu lakukan adalah memposisikan diri sebagai diri mereka, tapi cuma pandangan saja, bukan perbuatan ataupun kebenciannya.

Dengan sejenak mengubah pandangan dan meminjam 'kacamata' orang lain, kita bisa saja melihat hal yang mungkin sebelumnya terlewatkan dan menjadikannya sebagai cara untuk intropeksi diri.

5. Speak Up

Cara ini adalah langkah terakhir yang diambil jika keempat cara di atas tidak terlalu efektif buat kamu.  Kenapa? Karena jika kita merespon berlebihan hanya akan membuang energi.

Namun apabila dirasa haters tersebut berlebihan dan mulai toxic, ada baiknya kita memperingatkannya secara dewasa. Ajak bicara empat mata dan minta dia mengungkapkan alasannya, kemukakan juga pendapatmu untuk meluruskan permasalahan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi haters. Kita tidak bisa memaksakan pandangan oranglain, tapi bisa mengubah pandangan dan respon pada diri sendiri. 



Posting Komentar untuk "5 Tips Menghadapi Haters, Meski Kamu Bukan Seleb"