Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beneran Introvert atau Insecure?

Beneran Introvert atau Insecure?

Kata "introvert" sering kali dipakai untuk menggambarkan karakter seseorang yang takut dan enggan bertemu dengan orang banyak.

Karakter introvert juga sering digambarkan sebagai orang yang pemalu, cemas di situasi sosial, minderan dan tidak percaya diri.

Benarkah jika orang yang introvert seperti ini?

Beneran Introvert atau Insecure?

Introvert adalah tipikal orang yang lebih senang menghabiskan waktu sendirian atau dengan satu atau dua orang teman yang mereka rasa dekat. Introvert sering membutuhkan waktu menyendiri (me time) untuk memulihkan energi setelah berada dalam lingkungan sosial.

Sedangkan Insecure adalah suatu kondisi dimana perasaan cemas, tidak mampu, dan kurang percaya diri yang membuat seseorang merasa tidak aman. Rasa khawatir dan curiga berlebihan pada orang-orang/ lingkungan sekitar pun juga menghinggapi sisi insecure pada seseorang.

Orang introvert belum tentu merasa insecure, dan orang yang merasa insecure juga belum tentu berkepribadian introvert.

Orang introvert sering identik dengan lebih menyukai suasana tenang, sepi, lebih memilih untuk menyendiri daripada harus bersosialisasi dengan banyak orang, dan berbagai kegiatan lainnya yang mungkin apabila orang lain melihat dapat mengira orang tersebut merasa insecure sehingga terlihat seperti "menghindari" orang lain. 

Tetapi faktanya tidak selalu demikian. Apabila orang tersebut memang senang menyendiri, tentu tidak dapat dikatakan orang tersebut merasa insecure, karena hal tersebut belum tentu benar.

Siapa saja dapat merasa insecure, bisa saja orang introvert, extrovert ataupun ambivert. Namun introvert dan insecure jelas berbeda, meski kadang perilaku keduanya mirip sehingga orang-orang kadang salah mengira.

Jadi, kamu beneran introvert atau insecure?

Posting Komentar untuk "Beneran Introvert atau Insecure?"